Aneka Snack Gorengan di Ny. Liem Bandung

Hari ini adalah hari yang paling saya tunggu-tunggu dari pertengahan april lalu. Tahu akan ada rencana ke Ny. Liem Bandung ini saya sudah tidak sabar untuk kesana dan alhamdulillah akhirnya bisa juga pergi kesana.

Setelah tiga jam perjalanan sampailah di Dago Bandung dan siap menuju tempat yang saya tuju, sebelumnya saya sudah menghubungi ke Ny. Liem rupanya tempatnya tidak jauh dari Dago cukup satu kali naik angkutan umum.

Ny. Liem jl. Naripan 80, ini dia tempat yang sudah sangat saya tunggu tunggu.
Dihalaman parkir sudah penuh dengan kendaraan yang terparkir disana, menuju kedalam saya disambut dengan banyak aneka macam peralatan dan bahan kue, majalah, panggangan semuanya lengkap ada disana. Sayang tak bisa lama berada dibawah karena harus segera naik ke lantai tiga ke tempat acaranya.

Wangi khas gorengan menyergap hidunga saya, disambut dengan penggorengan, para karyawan disana sedang menggoreng kue odading dan juga cakue. Kulihat di meja sudah tertata rapih barisan kotak yang berisi risoles, bitterballen, dan juga kroket.

Masuk kedalam ruangan akupun mencari tempat strategis agar mudah melihat semua proses pengerjaan, duduk dbarisan kedua dari depan cukup jelas untuk melihat prosesnya.

Setelah tigapuluh menit berlalu acaranya dimulai dan Chef Acen datang menyapa para peserta, kira-kira ada 120 peserta yang hadir.

Semua yang dipraktekan hari ini adalah Aneka Snack Gorengan, praktek pertama pagi ini adalah cakue dan odading. Akhirnya saya tahu bagaimana membuat odading dan cakue juga proses penyimpanan didalam kulkas. Kedua bahan kue diatas memang sama hanya saja odading manis dan cakue asin.

Saya melihat cara pengerjaan CHef Acen ini sangat menarik, dalam waktu yang bersamaan bisa menyelesaikan beberapa masakan. Tak butuh waktu lama mengerjakannya dan pindah ke resep lain, resep kedua ini Surabi vla keju, semua step nya sangat berpengaruh mulai dari bahan, cara pengadukan, cara membuat semuanya sangat berdampak pada hasil akhir kue.

Bukan hanya resep surabi saja, tapi semua resep yang ada disini semuanya bagiannya penting.

Ada satu lagi yang sangat saya tunggu yaitu Risoles, karena saya memang bergelut dengan risoles jadi bisa mengerti proses membuat risoles yang tidak berminyak dan tetap renyah itu bagaimana. Ternyata minyak untuk menggoreng itu sangat berpengaruh dalam menggoreng, khusus gorengan asin baik menggunakan Frymasta.

Masih banyak aneka gorengan yang belum di praktekan, ada bitterballen, kroket keju, pastel crispy bentuk segitiga, crepes juga, dan terakhir mexchick fried. Mexcgick fried ini rahasia sukses membuat fried chiken dan akhirnya saya tahu bagaimana caranya.

Selain resep kue, cara mengolah sampai menyimpannya saya juga sangat tertarik dengan semua peralatan dan bahan yang ada disana. Dapurnya begitu lengkap mulai dari sendok ukur, kocokan, semua alat yang ada disana membuat ku ingin memakainya..

Rasanya tak sabar ingin kebalik dapur itu, ada kesempatan dimana aku bisa masuk ke dapur dan memagang langsung adonan, alat, mencoba juga memasaknya. Ini bagian yang saya tunggu tunggu juga dari awal bisa masuk ke dapur dan mencobanya..

Semuanya begitu indah dan sangat menyenangkan. Membayangkan juga suatu saat bisa memiliki itu semua di dapur yang saya punya nanti. Ketika melihat apa yang ada disana saya terbayang ketika saya berkunjung ke Toko Kue di Lampung, melihat dapur bakery dan kuenya, semua memori kembali keluar serta mengelilingi pikiran.

Akhirnya semua proses pun berakhir dan tak sabar saya untuk kebawah melihat semua peralatan kue bahan kue yang ada dilantai satu. Rasa ingin menjelajahi tempat seperti inipun semakin besar dalam diri karena akan ada banyak hal baru yang saya temui.

Dan siap untuk mengaplikasikan pelajaran ini pada kue yang akan saya buat.

Bandung, 30 April 2014.

Tinggalkan Balasan

