Ghatering dan Baking Demo ABI 2014

Saat pagi hari terima telpon pagi itu saya tidak tau mau bilang apalagi rasa senang dan haru campur jadi satu ketika mendapatkan kesempatan untuk bisa belajar di Gathering dan Demo Masak yang diadakan oleh ABI “Oleh – oleh lebaran 2014” membaca rundown acaranya saja sudah membuat saya tak bisa berkedip mata saya tidak membayangkan ketika berada disana, saya yakin sangat mengesankan.

Beberapa hari yang lalu dalam hari saya bilang “aku akan kursus masak utk kue dan pastry” ternyata tanpa waktu lama allah wujudkan itu dengan saya bisa datang ke Gathering ABI hari ini, kesempatan yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya bisa bertemu dengan orang banyak di acara ABI.

Di bagian penerimaan tamu saya sudah tidak sabar utk masuk kedalam ruangan, saya rasa keadaan didalam sudah ramai, banyak yang bisa saya pelajari disini dan ya benar didalam sudah penuh dengan para peserta yang sudah memiliki usaha bakery. Banyak stand bahan kue ada disana mulai dari puding, filling, pengembang kue, pelembut, whipping cream, coklat, dan masih banyak lagi.

Saya datang ketika demo masak bersama chef Koko Hidayat sedang mempraktekan membuat St. Elloi Cake. Jujur saya masih bingung karena belum mengenal semua bahan kue dengan baik dan juga prosesnya. Yang saya tahu hanya membuat bolu atau brownies pernah juga membuat kue kering tapi belum pernah mempraktekan bakar ABM. Saya belum tau membuat cream dan yang lainnya.

Pembuatan St. Elloi Cake ini ada 6 layer coklat, cheese cake, lemon cream, jaconde, guava cream, coklat cake, dan greentea mousse. Proses pembuatan bolu biasa saya tau tapi ini banyak tekhnik yang saya belum tahu.

Dari sini saya sadar betul saya harus belajar lebih giat lagi untuk bisa membuat kue yang enak dan cantik. Ini baru satu chef ada lagi saat dari Puratos yaitu Chef Adang sedang demo membuat Double Mars dimana ada 3 bagian yang dikerjakan dan di bagian kedua ada 2 proses pembuatan yang harus hati-hati pengerjaannya. Salah satunya mousse cake dengan toping ganance coklat itu juga salah satu yang membuat saya berfokus untuk memperhatikan prosesnya.

Tidak hanya itu ada juga Chef Acen yang membawakan enam jenis masakan ada Puding Art, lapis legit ketupat, kue kering ketupat, kaya pandan chiffon cake, dan winners brownis. Semua masakan ini dibawakan teknik pembuatannya tapi tidak dari baking tapi lebih ke bentuknya.

“Maka Nikmat Tuhan Mana Lagi Yang Mau Kau Dutakan??” Tidak ada satupun yang bisa saya dustakan disini, semuanya begitu Indah DIA berikan, sangat Indaah.

Dalam hati dan pikiran saya bilang “ini memang belum kamu kuasai Rahma jika kamu mau belajar dengan cepat maka akan bisa kamu kerjakan”
Banyak hal yang belum saya tahu dan pahami, tapi itu bukan menjadi penghalang tapi sebuah proses yang harus saya lewati dengan hikmat.
Pengalaman datang ke acara Gathering ABI ini pengalaman luar biasa yang saya dapatkan, dimana saya bisa betemu orang-orang yang sudah memiliki toko kue dan bakery ada yang di Jatinegara ada yang di Tebet, ada yang di Tangerang dan mendapatkan tender di Rumah Sakit. Saya sangat merasa beruntung bisa ada disini.

