Tirramisu Untuk Nabila

TY

Beberapa hari yang lalu aku berkesempatan membuat sebuah kue tirramisu untuk ulang tahun adik Nabila, anak pertama dari Mba Yani dan Mas Wanto. Mereka tetanggaku, rumahku dan Mba Yani hanya berselang lima rumah.

Sekitar beberapa bulan lalu aku sempat membuat kue tirramisu juga untuk pesanan dari temanku. Aku sengaja membuat lebih banyak karena untuk menemani sabtu malam dirumah bersama keluarga. Rasanya nikmat jika aku memakan kue tirramisu dengan secangkir kopi moccacino hangat ataupun coklat dan teh panas. Perpaduan antara kue vanilla dengan siraman kopi yang pahit dan krim yang manis ini begitu menggoyang lidah. Romantis.

Tepat perkiraanku, aku membuat satu setengah resep yang ada. Satu resep untuk pesanan dan setengah resep untuk hidangan malam minggu di rumah. Aku sangat tak sabar menunggu kue ini siap disantap tetapi harus aku diamkan satu malam dikulkas agar hasilnya lebih nikmat lagi. Jadi udah kuperkirakan untuk membuat pada hari jum’at pagi. karena pengiriman hari sabtu pukul lima sore.

Nah, tepat hari sabtu lalu tanggal 21 pebruari 2015. Aku sudah menyiapkan semua bahan keperluan untuk membuat tirramisu. Dan saatnya aku untuk beraksi didapur. Berkencan dengan para bahan dan alat kue. Siang itu aku sudah memulai untuk mengaduk semua bahan dasar dari tirramisu ini, kulanjutkan dengan membuat krim tirramisu. Pengolahan bahan seperti telur dan gula pada awal pembuatan, lalu menyusul giliran si terigu, susu, dan maizena bercampur menjadi satu. setelah sekitar tiga puluh menit berlalu semua kue dan krim siap dipasangkan.

Sebelum membahas lebih jauh lagi. Urutan Tirramisu adalah 1. Base Cake 2. simply syrup 3. Kopi instan yang sudah diseduh 4. Krim tirramisu yang bercampur dengan mascarphone. Aku juga agak teliti sekali soal bahan dasar kue, kalau ga ada label halalnya aku gak mau pake bahan itu. Meskipun aku butuh banget dan nggak ada bahan pengganti, mendingan nggak usah buat kue itu dari pada buat tapi aku sendiri yang membuat patennya melanggar.

Base cake atau kue dasar ini sebelum ditaburi oleh krim, sebaiknya gunakan terlebih dahulu simply syrup. Sirup ini terbuat dari empat sendok air dan empat sendok makan gula. Setelah siap tumpuk dengan krim mascarphone yang sudah dibuat. Begitu juga di susunan cake yang kedua. Kalau untuk decorasi atau hiasan bisa sesuai selera dari yang membuat. Kemaren aku menghias luar cake menggunakan stik coklat yang tipis dan dibuat seperti pagar yang mengelilingi tirramisu tersebut.

Berhubungan kue ini untuk ulang tahun Nabila, aku udah nyiapin dari beberapa hari lalu. karena ini spesial buat Nabila dari ayah bundanya, akupun ingin memberikan yang spesial.

Entah kenapa aku merasakan yang beda banget disini, perasaan seperti menyampaikan kasih sayang itu tersalurkan dengan sangat baik. Rasanya semuanya berjalan dengan mudahnya, tak ada bahan yang kurang satupun, waktu yang terasa sangat lambat, dan tangan ini berhasil membuat kue ini terlihat manis. Berbeda ketika membuat kue yang kurang siap persiapannya. Mungkin walau hanya satu bahan saja yang tertinggal, tapi itu membuat suasana seakan banyak bahan yang berantakan.

Aku terpikir satu hal tentang pesan yang aku simpulkan dalam pembuatan kue kali ini. Desember lalu aku mendapatkan satu kalimat dari Pa Mukhlis jika kamu membuat kue. Sesungguhnya kamu sedang mentransfer enegi, tidak hanya pada kue. tetapi, juga pada banyak hal lainnya.

Ketika aku sedang membuat sebuah kue degan niat yang tulus, rasa ingin berbagi, membuat dengan penuh rasa cinta, do’a yang terlontar saat proses pembuatan untuk pelanggan in syaa allah pelanggan akan merasakan energi positif yang kuberikan dalam proses tersebut. Dan aku ingin jujur satu hal bahwa ketika aku melakukan dengan proses ini, respon dari pelanggan dua, tiga atau bahkan sepuluh kali lebih dahsyat daripada biasanya.

Karena tadi, membuat sebuah kue bukan hanya sekedar kegiatan saja tetapi ada do’a cinta dan kasih sayang didalamnya.

Jakarta,
Dari dapur seorang gadis tukang kue.

2 thoughts on “Tirramisu Untuk Nabila

Tinggalkan Balasan

