Belajar jadi Ibu

Sejak lahir diri ini adalah seorang pemimpin. Ya pemimpin diri sendiri, pemimpin kehidupan dan pemimpin dalam sebuah lingkungan.

Sadar atau tidak, sebagai anak dan memiliki kaka atau adik maka kita juga bisa jadi seorang pemimpin dalam sebuah keluarga kecil kita.

Ketika dilahirkan sebagai kaka, maka secara tidak langsung ada perasaan ingin memberikan yang terbaik. Sebagai contoh untuk adik-adiknya. Menjadi teladan atau contoh bagi adik itu tidak mudah.

Segala kemungkinan dapat terjadi, hal baik dan hal buruk bisa saja ditiru atau secara tidak langsung melekat pada diri adik kita.

Menjadi seorang kaka adalah cara kita sebagai wanita untuk belajar menjafi seorang ibu. Kenapa ibu? Karena disini kita belajar banyak hal. Ya banyak hal.

Mulai dari kegiatan rumah tangga sampai dengan prestasi di luar rumah. Secara tidak langsung mereka memperhatikan apa kebiasaan dan sifat kita. Kabar baiknya jika kita melakukan baik maka tidak menutup kemungkinan adik akan meniru, namun buruknya prilaku buruk ini yang akan mudah sekali ditiru. Ya memang begitulah. Dan saat orang tua menegur maka tak jarang jawabannya adalah “kan, mbak/ abang juga gitu”

Jleb bukan jawaban itu, secara tidak langsung kita role model mereka. Maka disinilah kita belajar untuk menjadi kaka yang baik, yang bisa memberikan contoh untuk adik kita. Mendukung setiap impiannya, “mengjarkan” yang baik untuk mereka, menjadi tempat mereka untuk berkeluh kesal dan  berbagi kebahagiaan. Menjadi kaka juga bisa jadi madrasah untuk adik kita, ladang amal jariyah.

Semoga kita yang sebagai kaka atau adik bisa terus istiqomah menjadi anak yang peduli terhadap lingkungan keluarga.

:):):)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s